Wahid Serly Risky WidyaP Nisa

Press Release

pengertian press release dan contoh


PENGERTIAN PRESS RELEASE 
 Press Relase adalah suatu kegiatan penyampaian pesan oleh humas kepada media massa atas tanggapan atau respon penjelasan dah hak jawab, melalui langkah-langkah sebagai berikut.

1. Untuk meluruskan informasi yang keliru daj cenderung menyesatkan. Sehingga di khawatirkan menjadi persepsi bahkan opini.
2. Untuk melengkapi informasi yang sudah berkembang dan sampai ke khalayak, tetapi tidak Lengkap
3. Untuk memperkenalkan sekaligus menjelaskan kebijakan baru, roda baru atau keputusan yang Lama tetapi belum tersosialisasikan secara umum.
 4, untuk menyampaikan kepada publik tentang hal-hal yang sifatnya personal tetapi dianggap sebagai kepentingan publik dan humas menyampaikan hak jawabannya.  

 Ada 3 kategori Press Relase 

1. Hard News Press Relase Yaitu, kegiatan press relase yang dilakukan oleh humas daoam merespon informasi yang berkembang secara tiba-tiba dan humas dalam hitungan max 2×24 jam harus segera melakukan tanggapannya.
 2. Soft News Press Relase Yaitu, kegiatan yang dilakukan humas atas pemberitaan yang lebih bersifat tidak begitu prinsip tidak langsung berkaitan dengan kepentingan organisasi dan tidak perlu reaktif ditanggapi.
 3. Embargo Yaitu, kegiatan dari humas melalui press realse yang isinya memintq kepada media untuk tidak memberitakan terlebih dahulu suatu kejadian atau peristiwa,  

TUJUAN PRESS RELASE 
 untuk menjaga dan memelihara hubungan baik dalam sebuah organisasi. Penekan Inforrmasi - Basic Press Relase : informasi yang terdapat dalam suatu organisasi / perusahaan yang bernilai   berita - Produk Relase : publikasi produk khusu atau produk regular. - Financial Relase : membina hubungan dengan pemegang saham.   Secara theknis press relase dituangkan dalam proyeksi 400 samapai 600 karater kata.

A. Dibuat dengan menggunakan prisip. - objektifitas - tidak memihak dan menyalahkan pihak lain - tidak membuat unsur sara - tidak mengarah kepada propaganda.
 B, Dalam membuat press realse humas harus tau akan mengerti tentang karakter serta visi dan misi media massa.  

Cara Menulis Relase 
1. 5 W + 1 H
 2. Gunakan bahawa sehari - hari
 3. Buang kata-kata yang tidak penting.
 4. Gunakan kalimat pendek yang efektif
 5. Setiap paragraf terdiri dari 4 atau 5 baris
 6. Usahakan spasi ganda.
 7. Hindari paragraf degan kata -  kata awal yang sama.
 8. Bubuhkan telepon
 9. Berikan keterangan jika press relase perlu di embargo.
10.periksa ejaan nama orang
11. Tulis satu lembar saja.

 CARA SUPAYA PRESS RELASE DIMUAT   
1.  Berfikir bukan supaya siaran per terbit, tetapi sampaikan informasi kepada media
2. Jangan datang ke media ketika deadline.
3. Carilah waktu yang sangat santai.
 4. Umumnya diakhir pekan media kekurangan berita.
5. Koran minggu memiliki ruang cukup luas.
6. Hari minggu dan senen sering kekuranagan berita.
7. Jangan menganggap media massa manapun.

contoh oress release

 BERITA DARI PT TRISAKTI PRESS RELEASE 

 Jakarta, 3 Juli 2013   ECOENERGY AMAN DIKONSUMSI PT. Trisakti telah meproduksi minuman Isotonik, EcoEnergy yang memiliki aneka rasa sejak tahun 2006. EcoEnergy merupakan minuman penambah konsentrasi yang tidak menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti Lupus. Di tahun 2008 EcoEnergy mengganti labelnya dengan label baru.  Fatin Fauzia, Marketing Director PT Trisakti dalam Press Conference menyatakan, “Bahan pengawet yang terkandung dalam EcoEnergy telah diperiksa oleh BPOM dan tidak menyebabkan Penyakit Lupus seperti yang selama ini diisukan. Kami berharap dengan adanya pencantuman label baru ini, masyarakat tidak perlu merisaukan berita yang tak ada buktinya. EcoEnergy sejak dulu hingga kini tetap aman dikonsumsi. EcoEnergy sebagai minuman Isotonik memiliki kualitas yang baik. Penjualan EcoEnergy sejak tahun 2006 dapat mengalahkan para pesaingnya dengan inovasi sendiri. EcoEnergy juga memiliki berbagai rasa buah baru. PT. Trisakti adalah perusahaan yang telah berdiri selama 30 tahun dan memiliki lebih dari 11 anak perusahaan. Sejak bergabung dengan Danone, nama perusahaan yang memiliki tempat produksi di Jakarta ini telah menjadi lebih terkenal. EcoEnergy merupakan salah satu produk andalannya. PT.Trisakti merencanakan akan memproduksi rasa baru EcoEnergy atas permintaan masyarakat.   ENDS   Putri Ayu, Press Officer PT. Trisakti 081212349999   Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk kami, silahkan hubungi : Aisyah Telp: (021)5455565 Customer Service Manager Fax:(021)5455564 PT. Trisakti. Grogol, Jakarta Barat.

http://rizkiagustianiki.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-press-release-dan-contoh.html
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
14 Agustus 2018 pukul 06.54 ×

I am happy to find this post Very useful for me, as it contains lot of information. I Always prefer to read The Quality and glad I found this thing in you post. Thanks press release distribution services

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar