Berikut pengertian Public Relations dari beberapa Ahli di Dunia
Public relations gains an organization or individual exposure to their audiences using topics of publics interest and news items that provide a third-party endorsement (Seitel, Fraser P. The Practice of Public Relations. (Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall, 2007),
Public relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public ( Public relations adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi publik signifikan). ( John E. Marston dalam buku Modern Public Relations, Mc GrawHill, New York, 1979.)
PR adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan
publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen
dengan meningkatkan pembinaan kerja sama dan penmenuhan kepentingan bersama. (
Onong Uchjana Effendy Dalam buku Hubungan Masyarakat, Pt Remaja Rosdakarya,
Bandung.)
Menurut Denny Griswold dalam buku Hand Book of PR karya Elvinaro Ardianto (2011:9)
“Public Relations adalah Fungsi Manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan membuat perencanaan, serta melaksanakan suatu program kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik.”
“Public Relations adalah Fungsi Manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan membuat perencanaan, serta melaksanakan suatu program kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik.”
International Public Relations Association (IPRA) (dalam
buku Kampanye Public Relations, 2008)
menyatakan bahwa berbagai defini tentang public
relations dari para ahli mempunyai kesamaan yaitu :
Public relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh
good will, kepercayaan, saling
pengertian dan citra baik dari masyarakat.
Sasaran public relations adalah berupaya menciptakan opini publik yang favourable dan menguntungkan semua
pihak.
Public relations merupakan unsur yang cukup penting dalam mendukung manajemen untuk mencapai tujuan yang spesifik dari suatu organisasi atau lembaga.
Public relations merupakan unsur yang cukup penting dalam mendukung manajemen untuk mencapai tujuan yang spesifik dari suatu organisasi atau lembaga.
Public relations adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu lembaga atau organisasi dengan pihak masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik, hubungan yang harmonis, saling mempercayai dan menciptakan citra yang positif.
Public
relation adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya. (
Grunic & Hunt, James grunic dan Todd Hunt dalam buku Managing Public
Relations, , New York, penerbit Holt, Rinehart dan Winston,)
Dr. Rex Harlow dalam bukunya
berjudul : “ A Model For Public Relations
Education For Professional Practices yang di terbitka oleh International Public Relations Association
(IPRA) 1978 menyatakan
definisi public relations adalah
fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama
antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi,
pengertian, penerimaan dan kerja sama ;
melibatkan manajeman dalam menghadapi persoalan/permasalahan, membantu
manajemen untuk mampu menanggapi opini publik; mendukung manajemen dalam
mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem
peringatan dini dalam mengantisipasi kecendurangan penggunaan penelitian serta
teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama. (Ruslan, 2014:16)
“Public Relations adalah
fungsi manajemen yang melakukan evaluasi terhadap sikap-sikap publik,
mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seseorang, sebuah perusahaan terhadap
publiknya, menyusun rencana serta menjalankan program-program komunikasi
untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.”
Public
relations (PR) is the practice of managing the communication between an
organization and its publics.(Grunig,
James E. and Hunt, Todd. Managing Public Relations. (Orlando, FL:
Harcourt Brace Jovanovich, 1984)
Menurut Edy Sahputra Sitepu (2011:2) menjelaskan
Public Relations (PR) dalam makna yang sederhana adalah tatap muka (hubungan)
antara kelompok-kelompok dalam suatu tatanan masyarakat.
Sitepu, Edy
Sahputra dan Faulina. 2011. Profesional
Public Relations. Medan: USU Pers
Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas
yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului
penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang
direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan
evaluasi keseluruhan.
Rumanti, Maria Assumpta. 2005.
Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo
Definisi
Menurut Frank Jefkins (2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang
terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan
semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang
berlandaskan pada saling pengertian.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga
Menurut Prof. Dr. Anne van der Meiden dalam bukunya (Public Relations
Interne en Externe Communicatie voor Organisatie en Beleid, 1979), perubahan PR
menunjukkan bahwa di dalam PR itu informasi semakin berkembang kebutuhannya
sehingga perlu mengembangkan tenaga-tenagaahli. Untuk itu muncul pendidikan
yang terkait sebab informasi yang akan disebarkan perlu disaring,
dipertimbangkan, dipilih, dan ditentukan sebagai materi yang perlu
diinformasikan. Semakin informasi itu diseleksi dengan baik dan tepat, akan
semakin memudahkan si penerima informasi tersebut. Sesuai dengan fungsi PR,
publik itu tidak hanya dikenal saja, tetapi juga harus diterima dan diakui
keberadaannya. PR dalam kegiatannya harus memiliki ciri khas, selalu terbuka
terhadap kritik yang ditujukan kepadanya. Publik itu bebas. Merekaboleh bertanya mengenai segala sesuatu.
Thomas. L. Harris (1991), melalui bukunya The
Marketer’s Guide to Public Relations memberi pengertian dengan
mengungkapkan Public Relations merupakan proses
perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program – program yang
merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai
informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan – kesan yang dapat
menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan
kepentingan para konsumen.
PR secara teratur mempraktikkan
komunikasi yang baik dan tepat PR dengan kelompok orang dalam organisasi
mempunyai kepentingan untuk melakukan perubahan dalam kerja sama menyangkut
fungsi dari organisasi mendatang. (Hugo A. de Roode, Inleiding Instituut voor
HBO, part-time opleiding Public Relations, Voorlichting en Kommunicatie,1976).
Public relation adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya. ( Grunic & Hunt, James grunic dan Todd Hunt dalam buku Managing Public Relations, , New York, penerbit Holt, Rinehart dan Winston,)
Public relations is planned, persuasive
communication designed to influence significant public ( Public relations adalah kegiatan komunikasi persuasif
dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi publik signifikan). ( John E. Marston dalam buku Modern Public Relations, Mc GrawHill, New
York, 1979.)
ConversionConversion EmoticonEmoticon