PUBLIC
RELATIONS DAN HUMAS
Apakah PR dengan Humas sama atau berbeda?
Jika
dilihat dari segi bahasa memang kedua hal tersebut sama, hanya berbeda jenis
bahasanya saja. Public Relations jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia
berarti Hubungan Publik yang akhirnya dikenal dan diterima oleh banyak orang
sebagai Hubungan Masyarakat.
Public
Relations ( PR )
Secara
umum PR adalah suatu kegiatan/program yang dijalankan secara berkelanjutan oleh
lembaga maupun perorangan untuk mengupayakan terbentuknya suatu hubungan yang
baik dengan publik agar tercipta suatu pengertian dan penerimaan publik demi
kelancaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan oleh lembaga maupun perorangan
yang bersangkutan.
A. Pengertian
PR
Pubic Relation yang biasa disingkat PR jika dilihat
dari suku katanya (Public = Publik)dan (Relations = Hubungan) sehingga dapat diartikan
sebagai hubungan antar publik atau hubungan publik. Sedangkan definisi PR
menurut para pakar komunikasi, antara lain:
1.
PR adalah
fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan
aturan seseorang atau lembaga demi kepentingan publik dan melaksanakan suatu
program kegiatan untuk memperoleh pengertian dan penerimaan publik (Betrand
R. Canfield, 1964:4).
2.
PR adalah
proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik
dan pengertian dari konsumen, pegawainya dan publik umumnya; kedalam dengan
mengadakan analisa dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan
mengadakan pernyataan-pernyataan(J.C.
Seidel).
3.
PR adalah
suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat
memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau suatu lembaga atau badan (Howard
Bonham).
Fungsi PR
Menurut Maria (2002, 31), “PR
merupakan satu bagian dari satu nafas yang sama dalam lembaga tersebut, dan
harus memberi identitas lembaganya dengan tepat dan benar serta mampu
mengkomunikasikannya sehingga publik menaruh kepercayaan dan mempunyai
pengertian yang jelas dan benar terhadap lembaga tersebut”.
Berikut beberapa fungsi PR sekedar memberikan gambaran
tentang fungsi PR yaitu:
·
Kegiatan
yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian
dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
·
Memiliki
sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan
semua pihak.
·
Unsur
penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan
publik, tetapi merupakan kekhasan lembaga atau perusahaan. Sangat penting
bagaimana lembagamemiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan
menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
·
Usaha
menciptakan hubungan yang harmonis antara lembaga atau perusahaan dengan
publiknya, sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat
berguna sebagai input bagi lembaga atau perusahaan yang bersangkutan.
Bertrand R. Canfield dalam bukunya Public
Relations, Principles and Problems mengemukakan tiga fungsi Public
Relations, yakni:
1.
Mengabdi
kepada kepentingan umum.
2.
Memelihara
komunikasi yang baik.
3.
Menitikberatkan
moral dan tingkah laku yang baik.
Perimbangan dapat
dilaksa-nakan dengan pemanfaatkan dari alat public relations yaitu:
1.
Berita Press
Realise
2.
Pidato
3.
Event
4.
Tulisan/tajuk/ulasan/editorial
5.
Audio/visual/slide presentasi
6.
Corporate identity
7.
Pelayanan
Informasi, telepon, dll
Hubungan
Masyarakat (Humas)
Hubungan
masyarakat (Humas) diartikan sebagai salah satu kegiatan dari PR yang menangani
hubungan antara lembaga dengan masyarakat. Humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik
sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/
organisasi. kadang terkesan sebagai suatu upaya untuk menjawab
keresahan atas suatu permasalahan yang terjadi dalam masyarakat dan berhubungan
dengan lembaga yang bersangkutan. Humas bertanggung jawab untuk
memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan
membangkitkan ketertarikan masyarakat akan
sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi.
Fungsi humas
Menurut Edward L.Bernays humas memiliki
fungsi sebagai berikut :
1. memberikan penerangan kepada publik,
2. melakukan persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku
publik
3. Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap
dan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.
Contoh dari kegiatan-kegiatan
Humas adalah: melobi, berbicara di depan publik, menyelenggarakan acara, dan
membuat pernyataan tertulis.
Produk-produk tertulis humas :
Diantaranya adalah:
1.
Siaran pers yaitu
informasi yang mengandung nilai berita dan disampaikan oleh publik melalui media massa.
5.
Advetorial
8.
Prospektus
Penjelasan tentang Perbedaan
dan Persamaan PR dengan Humas :
Humas mempunyai ruang lingkup yang terbatas, sedangkan
PR ruang lingkupnya luas, dalam sebuah kantor peran humas hanya sebagai
pembantu dan tidak mempunyai ruang khusus untuk berkembang, tugasnya hanya
untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, dalam struktur perkantoran dia
tidak mempunyai ruang kusus. Sedangkan PR sangat berperan aktif baik urusan
interen maupun urusan eksteren yakni untuk membanu relasi dengan masyarakat
luas.jadi dia mempunyai raung gerak yang luas. Antara humas dan PR ada kesamaan
yakni sama – sama membangun komunikasi dua arah antara masyarakat.
Perbedaan PR dengan Humas :
PR :
- Bagi pribadi setiap orang yakni: untuk membangun citra dari orang tersebut, sehingga dia bisa mengenal siapa dirinya sebenarnya dan bagaiman kedudukanya, maka dengan itupun dia bsa menjalin relasi dengan sesama dan menciptakan sebuah wadah saling kepercayaan.
- Bagi sebuah organisasi yakni: untuk membangun citra perusahaan itu sendiri, dan tentunya pencitraan sebuah organisasi itu terletak pada diri setiap anggotanya, sehingga ketika setiap orang mampu menjaga citranya masing- masing maka antara anggota dalam sebuah organisasi itu bisa saling kerja sama, saling percaya, saling memberi harapan, dan saling simpati dengan sesame, ketika semuanya aktif maka perjalanan sebuah organisasi tu berjalan lancer.
Humas :
1. Komunikator
Humas adalah
orang yang menjadi komunikator secara langsung maupun tidak langsung. Bisa
melalui media cetak, elektronik. Bisa juga
dalam bentuk lisan ataupun dalam bentuk tulisan dalam berbagai media publikasi.
Dalam hal
ini, tugasnyalah menyampaikan apa yang menjadi kebijakanperusahaan. Menjadi
penyampai informasi kepada khalayak yang membutuhkan informasi mengenai
perusahan tersebut.
2. Pembina Relasi
Relasi yang
dimaksud adalah hubungan perusahaan
dengan khalayak ataupun hubungan perusahaan dengan karyawan secara internal.
Tujuannya agar hubungan baik yang tetap terjaga sehingga dapat menciptakan
pengertian, kepercayaan, dukungan, kerja sama, serta toleransi antara
pihak-pihak yang dituju. Baik antara perusahaan dengan khalayak maupun pihak
perusahaan dengan karyawan.
3. Back Up Management
Humas
berperan sebagai penunjang atau pendukung keberhasilanmanagement secara
keseluruhan. Kegiatan yang dimaksud, seperti promosi, pemasaran,
operasional perusahaan, sumber daya manusia, dan sebagainya. Hal ini
dimaksudkan untuk tercapainya tujuan perusahaan.
4. Pembuat Pencitraan yang Baik
ConversionConversion EmoticonEmoticon